Zonasi PPDB 2019 Berdasarkan Peta Mutu Pendidikan

Zonasi PPDB 2019 Berdasarkan Peta Mutu Pendidikan

Zonasi PPDB 2019 Berdasarkan Peta Mutu Pendidikan

Penentuan zonasi dalam Peraturan Penerimaan Siswa Baru (PPDB) tahun 2019

bukan lagi berdasarkan wilayah, akan tetapi berdasarkan zona mutu pendidikan yang telah dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia PPDB Jabar, Yesa Sarwedi dalam Uji Publik Pertama Draft Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB tahun 2019 yang diselenggarakan di Hotel Holiday Inn, Jalan Djunjunan, Kota Bandung, Selasa, (26/2/2019).

Total ada 256 wilayah zonasi untuk Sekolah Menangah Atas (SMA) yang ada di Jawa Barat.

“Zona mutu tersebut merupakan hasil pemetaan dari Kemendikbud,

namun bisa di modifikasi selama sesuai dengan aturan berlaku,” tutur Yesa yang juga Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas (Kabid PSMA) Disdik Jabar.

Dia menuturkan, pengubahan peta zona mutu dapat dilakukan oleh pemerintah daerah ketika ada beberapa kecematan atau wilayah yang berada di perbatasan garis zonasi. Untuk mengatasi hal tesebut, pihaknya bekerja sama dengan dinas pendidikan kabupaten/kota guna  menyelaraskan peta zona mutu tersebut.

Uji publik tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dewi Sartika,

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Kabid PSMK), Dodin Rusmin Nuryadin, Sekretaris Panita PPDB, Dian Peniasiani serta tamu undangan yang bergerak di bidang pendidikan dan terlibat dalam proses PPDB.

Beberapa di antaranya adalah Dinas Sosial Jabar, Ombudsman Perwakilan Jabar, Asosiasi Pengawas Sekolah Jabar, Asosiasi Ketua Komite Sekolah Menengah Pertama (SMP) Jabar, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Komunitas Peduli Pendidikan, Forum Asosiasi Guru Indonesia (FAGI), dan Dewan IKA UPI Bandung.***

 

Sumber :

https://vidmate.co.id/