Tempat Terdingin di Bumi

Tempat Terdingin di Bumi

Tempat Terdingin di Bumi

 

Vostok merupakan

daerah yang memiliki suhu paling dingin di muka bumi ini, suhu terpanasnya saja yang pernah tercatat adalah -12,2 derajat celsius, pada musim dingin 1997. Suhu hangatnya rata-rata -28 derajat celsius. Sedangkan rata-rata terdinginnya -75,4 derajat celsius. Selain itu, kadar oksigennya rendah. Tiupan angin rata-rata 18 km/jam, tetapi bisa mencapai 97 km/jam yang merupakan embusan angin tertinggi. Kondisi ini membuat daerah di sekitar Vostok merupakan medan tersulit bagi umat manusia.

Stasiun penelitian Vostok didirikan pada 16 Desember 1957

oleh tim ekspedisi Antartika Uni Soviet (sekarang Rusia). Stasiun Vostok berada di ketinggian 3.488 meter di atas permukaan laut dan berjarak 1.300 km dari Kutub Selatan. Tempat ini menjadi tempat paling terpencil di dunia. Stasiun ini biasanya dihuni oleh sekitar 25 orang ilmuwanpada musim panas dan hanya dihuni 12 orang pada musim dingin.

Di sana malam begitu panjang

Satu malam bisa mencapai 130-an hari yang terjadi sekitar bulan April hingga Agustus. Sedangkan malam yang benar-benar gelap berlangsung sekitar 80 hari.
Pada tahun 1974, ilmuwan Inggris yang melakukan survei radar berhasil menemukan bahwa di bawah stasiun Vostok itu terdapat materi air yang begitu besar. Ternyata setelah dilakukan penelitian lebih lanjut di bawah itu merupakan danau yang amat luas dan merupakan yang terbesar di dunia.

Baca Juga :