Sebelum Beli Berlian, Anda Harus Tahu Ini

Sebelum Beli Berlian, Anda Harus Tahu Ini

Sebelum Beli Berlian, Anda Harus Tahu Ini

Asal Mula terbentuknya Berlian

Berlian terbentuk dari karbon yang berasal dari gunung berapi yang terdapat ratusan meter di bawah permukaan bumi dengan suhu atau temperature yang sangat tinggi/panas. Batu berlian tersebut kemudian terbawa ke permukaan bumi melalui letusan vulkanik. Proses naiknya berlian ke permukaan bumi sendiri memerlukan waktu yang sangat lama, yaitu sekitar 1 – 3 milyar tahun.

Berlian termasuk salah satu jenis batu permata yang sangat kuat dan keras dengan satuan tingkat kekerasan 10 Mohz. Nama berlian diambil dari bahasa Yunani kuno yang artinya ‘Tak Terkalahkan’.

Perbedaan Batu Berlian & Intan

Banyak orang yang menduga bahwa intan dan berlian jenis bebatuan yang berbeda. Padahal, intan merupakan sebutan dalam bahasa Indonesia untuk sebuah berlian mentah atau berlian yang belum diolah menjadi berbagai bentuk atau masih berbentuk bongkahan batu.

Intan pun hadir secara alami maupun buatan. Sama dengan berlian, batu intan pun hadir dalam berbagai kualitas. Umumnya, setelah ditambang berlian mentah tersebut akan dipisahkan, antara berlian dengan kualitas yang tinggi dan rendah. Intan dengan kualitas yang tinggi akan dipisahkan untuk dibentuk dan dipotong menjadi perhiasan. Sedangkan berlian mentah (intan) yang berkualitas rendah biasanya akan digunakan dalam industri karena sifat fisik mereka.

Mengukur Kualitas Berlian dengan 4C

Bagi pecinta berlian, 4C mungkin sudah terdengar sangat familiar di telinga mereka. Pasalnya, untuk mendapatkan berlian terbaik Anda perlu memperhatikan 4C tersebut, yaitu, carat, clarity, color dan cut. Yuk, kenali karakteristik 4C pada berlian berikut ini.

Carat, merupakan satuan ukur sebuah berlian. Karena berlian merupakan sebuah batu yang sangat berharga, maka pengukurannya pun harus sangat teliti dan tepat untuk mendapatkan berat yang sesuai. Akan tetapi, berlian dengan carat yang sama bisa berbeda harga, tergantung dengan tiga faktor lainnya dari 4C tersebut.

Clarity, atau kejernihan merupakan standar ukuran jumlah dan besar cacat yang terdapat pada berlian. Cacat tersebut didapat karena berlian terbentuk di perut bumi dengan panas dan tekanan yang ekstrim, sehingga seringkali berlian memiliki cacat  di bagian dalam atau ‘tanda lahir’ yang disebut inklusi/inclusion, dan cacat pada permukaan atau disebut blemishes. Batu berlian yang memiliki banyak cacat di dalam dan di luar akan terlihat kurang berkilau karena cacat tersebut dapat mengganggu jalan masuk cahaya ke berlian. Jadi, semakin sedikit jumlah cacat pada berlian maka semakin berkilau dan semakin tinggi nilai berlian tersebut.

Color, atau warna pun menjadi salah satu hal yang penting saat Anda membeli batu berlian. Pada berlian putih atau tanpa warna, adanya jejak warna kekuningan dapat menurunkan harga berlian tersebut. Jadi, semakin tidak berwarna berlian tersebut, maka akan semakin mahal harganya. Warna berlian diukur menggunakan huruf seperti D-E-F, G-H-I-J, K-L-M dan seterusnya. Berlian dengan kategori D-E-F merupakan berlian tanpa warna yang memiliki kualitas terbaik, karena dapat memancarkan cahaya dengan sangat sempurna. Sedangkan, berlian dengan tingkat warna S hingga Z memiliki jejak warna kekuningan yang tipis dan sangat mudah dilihat secara kasat mata.

Cut, atau potongan berlian akan mengacu pada proporsi sebuah berlian. Selain itu, keindahan sebuah berlian pun akan sangat tergantung pada keseimbangan potongan berlian (salah satunya). Hal tersebut dikarenakan potongan berlian akan mempengaruhi pantulan cahaya dan penyebaran cahaya pada berlian.

Berlian Bebas Konflik

Hal lain yang perlu Anda ketahui tentang berlian dan paling sering ditanyakan adalah apakah berlian tersebut bebas konflik atau tidak. Berlian konflik merupakan sebuah berlian yang berasal dari pasar gelap atau black market untuk kemudian dijual. Hasil dari penjualan berlian tersebut untuk membiayai kegiatan terorisme dan perang sipil. Penjualan berlian konflik biasanya menyebabkan penderitaan manusia atau pertumpahan darah. Jadi ada baiknya untuk mengetahui apakah berlian tersebut bebas konflik atau belum.

Berlian konflik ataupun bebas konflik hampir tidak ada bedanya. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena biasanya berlian yang berasal dari Amerika Serikat ‘bebas konflik’. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang berlian konflik dan bebas konflik ini penjelasannya.

Tanda Berlian Asli

Tak bisa dipungkiri, barang apapun selalu ada imitasinya, tidak terkecuali berlian. Banyak pedagang atau toko perhiasan di pasaran (baik online maupun toko fisik) yang menjual berlian imitasi. Oleh karena itu, Anda benar-benar harus mengetahui cara mengecek keaslian berlian.

Jika dilakukan pengujian dengan mata telanjang, tentu akan sangat sulit untuk mengetahui apakah berlian tersebut asli atau palsu. Karena hal tersebut tidak bisa diketahui hanya dengan melihatnya saja. Ada beberapa pengujian yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengetahui keaslian sebuah berlian.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kaca pembesar. Anda dapat menggunakan kaca pembesar untuk melihat apakah berlian terlihat sempurna, ataupun terdapat goresan/ cacat pada bagian dalam berlian. Jika terdapat cacat pada berlian, maka dapat dipastikan berlian tersebut asli. Pasalnya, cacat berlian atau yang biasa disebut inklusi merupakan ‘tanda lahir’ yang semua berlian pasti memilikinya.

Sebaliknya, jika batu berlian terlihat sempurna atau sama sekali tidak memiliki cacat sama sekali, maka kemungkinan besar berlian tersebut palsu atau imitasi. Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah dengan melihat tepi berlian. Pada berlian asli tepi berlian akan terlihat tajam, sedangkan berlian palsu memiliki tepi yang bulat.

Cara lain untuk memastikan keaslian berlian yang Anda beli adalah dengan mengecek ada atau tidak adanya sertifikat. Sertifikat merupakan dokumen yang sangat penting karena dapat mengungkapkan karakteristik, kualitas, serta keaslian berlian. Selain faktor 4C, informasi mengenai  dimensi berlian, simetris, dan fluorescence juga bisa Anda temukan pada sertifikat berlian. Karakteristik pada berlian yang Anda miliki telah dievaluasi dan diteliti oleh laboratorium gemologi seperti Gemological Institute of America (GIA) atau American Gem Society (AGS).

Berlian dengan Batu Permata Lain

Banyak pertanyaan yang muncul mengenai perbedaan batu berlian dengan batu permata lainnya. Salah satu yang membuat berlian berbeda dengan batu permata lainnya adalah tingkat kekerasan yang dimilikinya. Batu berlian memiliki tingkat kekerasan 10 Mohs yang merupakan tingkat kekerasan tertinggi. Jadi, batu berlian memiliki tingkat kekerasan paling tinggi diantara batu permata lainnya. Hal inilah yang membuat batu berlian tidak bisa tegores apapun, kecuali oleh berlian itu sendiri.

Kenapa Harga Berlian Mahal?

Batu berlian menjadi salah satu batu yang paling populer dan disukai semua orang karena keindahan kilaunya. Sayangnya, berlian hadir dengan harga yang tergolong mahal. Semakin baik karakteristik berlian tersebut harganya  pun akan semakin mahal. Namun, apa penyebab harga berlian mahal?

Berlian merupakan batu permata popular dan semua orang menyukai kilau indahnya. Tapi, proses pembentukan berlian di perut bumi memerlukan waktu yang sangat lama. Berlian yang saat ini beredar di pasaran bahkan memiliki usia milyaran tahun! Selain itu, beberapa warna berlian pun terbilang cukup langka dan jarang ditemukan. Ditambah lagi, proses penambangan dan pemolesan berlian juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal inilah yang menyebabkan berlian hadir dengan harga mahal.

Tip Aman Beli Berlian Online

Membeli perhiasan baik secara online maupun datang langsung ke toko fisik, tetap membuat Anda harus berhati-hati. Pasalnya, tak jarang orang yang membeli berlian dengan kualitas yang buruk. Nah, perhatikan hal berikut saat Anda membeli berlian secara online.

Cari Tahu Tentang Toko Perhiasan Online, mencari tahu toko perhiasan online yang akan menjadi tempat Anda bertransaksi adalah hal penting. Pilih toko perhiasan online yang terpercaya seperti orori.com . Cari tahu juga melalui review dari para pelanggan yang telah berbelanja pada toko perhiasan tersebut.

Cari Tahu Tentang Berlian, selanjutnya cari tahu juga tentang berlian. Mulai dari 4C hingga berapa harga yang perlu Anda bayar untuk perhiasan berlian yang diinginkan.

Sertifikat, sertifikat berlian akan membuktikan bahwa berlian yang Anda beli asli. Karena sertifikat berlian berisi tentang spesifikasi berlian tersebut seperti 4C (color, cut, clarity, carat). Cari tahu juga lembaga yang mengeluarkan sertifikat berlian tersebut.


Baca Artikel Lainnya: