Persiapan Kucing Anggora Persia Melahirkan

Persiapan Kucing Anggora Persia Melahirkan

Persiapan Kucing Anggora Persia Melahirkan

Keadaan dimana si Kucing kesayangan anda akan melahirkan

adalah hal yang selalu dinanti- nanti oleh pemilik kucing karena akan mendapatkan kucing-kucing baru yang imut. Tentunya pengalaman pertama bagi anda yang baru akan membantu kucing kesayangan anda melahirkan. Anda janganlah merasa panik. jangan pernah tinggalkan kucing anda di saat minggu-minggu menjelang kelahirannya, karena kucing kesayangan anda akan lebih membutuhkan ekstra perhatian.

Kucing umumnya melahirkan setelah 65 hari hamil. Pada dua minggu menjelang kelahiran kucing akan mencari tempat yang tersembunyi dan hangat untuk calon anak-anaknya nanti. Disini saya akan mencoba membantu anda.

Apa saja yg perlu anda siapkan?

  1. Pertama adalah siapkan gunting baru yang tajam dan benang
  2. Handuk dan kain untuk alas
  3. Obat betadine dan pipet atau alat hisap (bisa dibeli di apotik)
  4. Box buah besar atau Kotak kardus besar yang sudah di potong setinggi satu jengkal.
  5. Beberapa lembar Koran bekas dan tissue
  6. Lampu 5 watt untuk penghangat
  7. Langkah ke tujuh adalah : siapkan makanan yang banyak , kuning telor ayam kampung dan Madu

Persiapkan semua alat-alat tersebut

di atas sudah di siapkan satu minggu sebelum melahirkan . Pastikan semua nya sudah steril. Ketika saatnya kucing melahirkan anda jangan panik, buatlah kucing anda merasa nyaman karena dia tahu anda ada di dekatnya dan siap membantu. Biasanya jarak waktu kucing melahirkan bayi pertama dengan kelahiran bayi berikutnya sekitar ½ – 1jam atau lebih.

Lama proses kelahiran sekitar 3-4 jam

Jadi anda harus sabar dan teruslah temani si manis sampai semua anaknya lahir. Siapkan box buah atau kotak kardus yang dalamnya sudah dialasi koran dan kain. Pada waktu anak kucing di lahir kan masih terbungkus selaput tipis, so, tugas anda untuk melepasnya dengan cubitan kecil dan harus hati-hati. Lalu ambil dan pegang bayi kucing dalam posisi terbalik kepala dibawah dengan handuk, kemudian segera hisap lendir dalam hidung dan mulutnya menggunakan alat hisap atau anda gunakan mulut anda untuk hisap lendir pada hidung dan mulutnya (kalau anda tidak merasa jijik).

Ikat tali pusarnya 4cm dengan benang, lalu potong pusarnya

Kemudian berikan obat betadine pada ujung pusar bekas potongan tadi, guna mencegah infeksi. Berikutnya bersihkan seluruh badannya menggunakan handuk yang lembut, lalu serahkan kembali pada induknya untuk disusui. Jangan lupa pasangkan lampu di atas kotak agar anak kucing anda selalu hangat. Berikan kuning telor ayam kampung 1x sehari selama 5hari berturut-turut pada indukan yang baru melahirkan, dan berikan juga madu pada indukan pasca melahirkan untuk kekuatan tubuhnya dan selalu sediakan pakan yang banyak, karena kucing akan lebih banyak makan ketika sedang menyusui.


Sumber:

  1. https://rumahkucing.co.id/