Perilaku Seksual Ganda pada Sapayoa

Perilaku Seksual Ganda pada Sapayoa

Perilaku Seksual Ganda pada Sapayoa

TEMUAN baru yang dipublikasikan dalam jurnal The Auk

: Ornithological Advances terkait perilaku sosial hewan yang ‘tak biasa’ ditemukan peneliti dari Cornell University, New York, dalam pengamatannya terhadap spesies burung sapayoa (Sapayoa aenigma).

Sapayoa merupakan spesies burung hijau-kuning yang selama ini dikenal

sebagai salah satu spesies yang memiliki perilaku sosial misterius dan sulit teridentifikasi oleh para peneliti di dunia. Penamaan ilmiahnya pun sengaja diberikan sisipan bahasa latin aenigm yang berarti enigma atau teka-teki, ini terkait perilakunya yang masih dipertanyakan. Dalam pengamatan yang dilakukan di Darien National Park, Panama, para peneliti menemukan perilaku sosial yang baru.

Temuan yang paling menarik bagi peneliti ialah perilaku seksualnya

yang memiliki kepribadian seksualitas ganda pada pejantannya. Dalam sebuah keluarga sapayoa, terdiri dari 6 burung yang berkomposisi sepasang suami istri, 2 anak, dan 2 pejantan muda. Peneliti menduga keberadaan 2 pejantan muda ini memiliki peran yang persis sebagai orang tua untuk memberi makan anak-anak dari sepasang suami istri sapayoa. Dalam sebuah kesempatan, peneliti menemukan pejantan dewasa ‘menaiki’ pejantan yang lebih muda dalam sebuah konteks hubungan seksual (mounting)

 

Baca Juga :