Penyakit Kucing yang Sering Dijumpai

Penyakit Kucing yang Sering Dijumpai

Penyakit Kucing yang Sering Dijumpai

Indonesia adalah negara tropis dengan tingkat Kelembaban yang sangat tinggi, Sangat berbeda dengan kondisi di negara2 Eropa , Amerika dan Australia. Di Blog ini saya hanya menulis beberapa penyakit yang sering di temui, dan langkah yang saya lakukan se hari- hari bila penyakit tersebut terjadi di tempat kami.

Penyakit yang banyak di temui oleh Pemelihara kucing di Indonesia adalah :

1. Penyakit Kulit : Jamur/ Ringworm, scabies, ketombe.

Penyebab penyakit kulit dapat disebabkan oleh beberapa hal :
– Penularan dari kucing sekitar.
– Kurang kering setelah Memandikan
– Kelembaban yang tinggi, penggunaan AC dan Dehumidifier sangat disarankan.

Untuk mengurangi /Mencegah penyebaran jamur dalam lingkungan  sangat penting untuk melakukan desinfektan kandang dan ruangan secara rutin dan teratur , begitu juga untuk memisahkan atau mengkarantina kan kucing yang baru datang. Selain itu perendaman kucing dengan Lime sulfur pada saat memandikan juga dapat mencegah terjadinya penyakit2 Kulit.

Pengobatan Penyakit Kulit seperti Jamur, scabies dll dapat dilakukan dengan pemberian obat luar  dan secara Oral atau suntikan, di tempat kami umumnya setiap kali kucing di bersihkan/ sisir , pemeriksaan terhadap penyakit kulit juga di lakukan, bila ada gejala penyakit kulit umumnya daerah yang terkena di bersihkan dengan minyak Tawon yang ditambahkan dengan 5 tetes cairan extract bee propolis non alkohol dan setelah itu di oleskan dengan salep anti jamur, Dr hewan kamipun melakukan suntikan anti jamur bila terlihat banyak bibit jamur di kulit dan juga pemberian obat jamur Itraconazole. Pemberian suntikan atau meminum obat jamur sebaiknya dilakukan pada saat kucing tidak hamil atau menyusui.

2. Pilek /Cat  Flu.

Penyakit cat Flu merupakan penyakit yang banyak dan umum  terjadi di peternakan kucing terutama untuk kucing yang mempunyai struktur hidung seperti kucing Persia atau Exotic, begitu juga bila terjadi pergantian musim yang Extrim atau kelembaban yang tinggi seperti musim hujan.

penyebab penyakit ini umumnya disebabkan oleh  virus Herpes dan Calici , gejala cat flu umumnya kucing mengeluarkan air mata berlebih, berbangkis, pupil mata mengecil. napsu makan menurun karena tidak dapat membaui makanan,dan tidak aktif, tanda- tanda diatas kadang disertai dengan mulut sariawan, mata merah serta demam.
Kucing yang pernah terkena virus ini , umumnya carrier tidak bisa disembuhkan dan akan sakit lagi bila daya tahan tubuhnya lemah, untuk mencegah terjadinya atau timbulnya penyakit ini di perlukan suplemen l-Lysine , karena l-Lysine dapat menghentikan replikasi dari virus ini.dan menguatkan daya tahan kucing terhadap penyakit flu.

Selain pemberian suplemen diatas , Pencegahan yang dilakukan umumnya dengan pemberian air minum yang ditambahkan dengan cairan fruktose/ gula anggur serta 5 tetes propolis setiap hari, bila terlihat sudah terkena pilek yang dilakukan adalah pemberian amoksilin cair, Serta  melakukan nebulizer setiap hari dengan triple antibiotik

Penggunaan Nebulizer untuk kucing berbeda dengan manusia, untuk kucing kita tidak menggunakan Face mask karena kucing akan berontak, bisanya uap langsung di masukkan kedalam pet carrier yang telah di modifikasi dan kucing yang akan di obati berada dalam pet carrier tersebut.

3. Muntah.

Muntah dapat di sebabkan oleh hairball atau gejala penyaki lain, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah pemberian Primferan.

4. Mencret.

Mencret dapat terjadi karena perubahan makanan , gangguan pencernaan yang disebabkan penyakit lain atau gangguan parasit, tahap pertama yang dilakukan adalah pemberian obat Scourban, scourban merupakan obat hewan dan banyak di jual di Pet show atau anda memesan secara online melalui SAC pet bila disebabkan oleh parasit dapat diberikan Flagyl atau konsultasikan dengan dokter hewan anda.

5. Mata.

Penyebab penyakit mata dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti Iritasi,alergi,  bakteri atau virus, umumnya gejala dapat dilihat pada mata kucing.
Bila iritasi biasanya cukup di berikan obat tetes mata visine, tetapi bila ada infeksi biasanya mata banyak mengeluarkan kotoran / belekan , penggunaan salep mata antibiotik di perlukan, dan tentunya penting sekali mengkonsultasikan  penyakit mata kucing anda ke dokter hewan.
Selain dari kelima penyakit Umum diatas, banyak penyakit lain yang terjadi, Pada blog ini saya tidak akan membahas satu persatu karena  seorang pakar kesehatan kucinglah  yang pantas menulisnya.