PENGERTIAN USAHA KECIL

Table of Contents

PENGERTIAN USAHA KECIL

PENGERTIAN USAHA KECIL

Usaha kecil ialah kegiatan usaha yang mempunyai modal awal yang kecil, atau nilai kekayaan (asset) yang kecil dan jumlah pekerja yang juga kecil. Nilai modal awal, asset atau jumlah pekerja itu bergantung kepada definisi yang diberikan oleh pemerintah atau institusi lain dengan tujuan-tujuan tertentu.
Usaha Kecil : Perdagangan, Industri dan Jasa
Usaha kecil mungkin beroprasi dalam bentuk perdagangan (trading) ataupun industry pengolahan (manufacturing). Usaha berbentuk perdagangan luas ruang lingkupnya, yaitu mencakup bidang jasa (service) yang intangible sampai dengan menjual barang yang tangible.
Usaha kecil berbentuk perdagangan meliputi toko-toko kelontong, pengedar dan penggrosir yang mempunyai toko-toko (store) dibangunan yang disewa atau dimiliki sendiri. Mereka membeli barang dari grosir untuk dijual kepada pengecer atau konsumen dengan nilai yang tidak begitu tinggi. Pemilik-pemilik pabrik kecil adalah produsen yang beroprasi di bangunan kecil dengan nilai produksi yang tidak terlalu besar.
Perusahaan kecil di dalam bentuk jasa lain meliputi perusahaan konsultasi (konsultan), konsultan bangunan, perusahaan cleaning service atau jasa pembuangan sampah, perhotelan, dan industri yang kaitannya dengan wisatawan dan pariwisata.
PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN
Berdasarkan kata dasar konsep, wira dapat diartikan sebagai pahlawan dan usaha dapat diartikan melakukan kegiatan ekonomi. Wirausaha dapat didefinisikan sebagai berikut :
“Seseorang yang dengan gigih berusaha untuk menjalankan sesuatu kegiatan bisnis dengan tujuan untuk mencapai hasil yang dapat dibanggakan”.
Kebanyakan penulis dan pengkaji di bidang bisnis mengartikan kewirausahaan sebagai sifat dan keahlian yang dimiliki oleh para wirausaha. Ada pemikir dalam bidang kewirausahaan yang mengartikan konsep tersebut sebagai kemampuan untuk menciptakan satu organisasi atau perusahaan secara efektif dan efisien. Sedangkan pemikir lain mengartikan konsep tersebut sebagai kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan bernilai dengan cara mengalokasikan waktu, tenaga dan perhatian untuk menciptakan pembaruan tersebut, menanggung resiko keuangan dalam melakukan kegiatan tersebut dan memperoleh ganjaran dari usaha tersebut.
Jeffery A. Timmons, seorang professor dalam bidang kewirausahaan dan penulis buku The Entrepreneurial Mind mendefinisikan kewirausahaan sebagai tindakan kreatif manusia membangun sesuatu yang bernilai dari tiada satu apapun.
Alasan Mendirikan Perusahaan
Terdapat beberapa sebab yang mendorong seorang wirausaha mendirikan sebuah perusahaan:
a. Bebas membuat keputusan
b. Dorongan diri yang kuat
c. Kesanggupan untuk mengambil resiko
d. Minat untuk berdagang
e. Mendapat kesempatan berusaha