Pengertian Harapan

Pengertian Harapan

Pengertian Harapan

Pengertian Harapan

manusia dan Harapan

2.1 Pengertian Harapan
Setiap manusia tentunya memiliki harapan, bahkan orang yang akan meninggalpun memiliki harapan berupa pesan-pesan yang disampaikan kepada ahli warisnya.Biasanya harapan tersebut tergantung kemampuan masing-masing.Misalnya, Beni yang hanya mampu membeli becak,biasanya tidak mempunyai harapan untuk membeli pesawat terbang pribadi.Karena seseorang yang mempunyai harapan yang berlebihan akan menjadi bahan tertawaan banyak orang.

2.2 Penyebab Manusia Memiliki Harapan
Menurut kodratnya manusia merupakan makhluk sosial. Setiap lahir kedunia langsung disambut oleh suatu pergaulan hidup,yakni ditengah suatu keluarga atau masyarakat lainnya. Tidak ada satu manusiapun yang luput dari pergaulan hidup. Ditengah-tengah manusia lain itulah, seseorang dapat hidup dan berkembang baik fisik maupun jasmani.Ada dua hal yang mendorong manusia hidup bergaul dengan manusia lain, yakni dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.

3.1 Kesimpulan
Harapan berasal dari kata harap yang berarti suatu keinginan yang ingin terwujud. Harapan harus disertai dengan kepercayaan diri sendiri dan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Penyebab manusia mempunyai harapan yaitu didasari dengan dorongan kodrat, dorongan kebutuhan hidup, kelangsungan hidup, keamanan, hak dan kewajiban mencintai dan dicintai, status dan perwujudan cita-cita.
Manusia yang tanpa harapan, berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya. Maka, berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan.

Baca Juga :