Lapisan Bumi Dengan Penjelasan

Lapisan Bumi Dengan Penjelasan

Lapisan Bumi Dengan Penjelasan

Lapisan Bumi Dengan Penjelasan

Lapisan Bumi – Bumi adalah salah satu planet yang terdapat dalam sistem tata surya di dalam galaksi Bima Sakti. Planet yang memiliki julukan planet biru ini terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu.
Bumi memiliki struktur yang mirip seperti telur. Yaitu kuning telur, putih telur, dan cangkang telur. Kuning telur menggambarkan lapisan bumi inti, putih telur menggambarkan selubung, dan cangkangnya adalah kerak.

Lapisan Bumi Inti
Sebagian besar inti bumi terdiri atas nikel dan besi. Oleh karena itu, inti bumi sering disebut sebagai lapisan nife yang berarti niccolum (bikel) dan ferrum (besi).
Inti bumi terdiri atas dua lapisan, yaitu lapisan inti dalam yang padat dan lapisan inti luar yang cair. Jari-jari inti bumi kira-kira 3.470 km dan batas terluarnya kira-kira 2.900 km dibawah permukaan bumi.
Lapisan Bumi Mantel atau selubung
Di atas inti bumi terdapat selubung yang bersifat plastis, memiliki ketebalan 2.900 km. Selubung terbagi dalam dua lapisan. Yang pertama yaitu selubung bawah yang lebih padat karena besarnya tekanan pada kedalamanitu. Dan yang kedua adalah selubung atas atau luar yang agak lunak, seperti aspal jalan pada siang hari.
Lapisan Bumi Kerak
Kerak bumi memiliki ketebalan 5 kilometer di lantai samudera hingga 70 kilometer di bawah barisan pegunungan. Kerak bumi terdiri dari dua lapisan, yaitu kerak benua dan kerak samudera.
1. Kerak benua
Kerak benua memiliki lapisan yang lebih tebal dibandingkan kerak samudera. Lapisan atas pada kerak ini adalah berupa batuan granit. Sedangkan lapisan bawahnya merupakan batuan basal yang lebih rapat.
2. Kerak samudera
Kerak samudera merupakan sedimen yang mempunyai ketebalan 800 meter. Kerak samudera yang terus dibentuk oleh letusan gunung api sepanjang celah-celah bawah laut disebut pematang tengah samudera.
Penyusun kulit bumi
Permukaan bumi yang tidak rata disebabkan oleh gaya atau tenaga yang berasal dari dalam bumi dan tenaga yang berasal dari luar bumi.
Tenaga yang berasal dari dalam bumi disebut dengan tenaga endogen. Sedangkan tenaga yang berasal dari luar bumi disebut tenaga eksogen.
Tenaga Endogen
Secara garis besar, tenaga endogen dikelompokkan menjadi tiga, yaitu vulkanisme, seisme, dan diastropisme. Vulkanisme adalah berkaitan dengan magma. Seisme berkaitan dengam gempa bumi. Dan diastropisme berkaitan dengan pergeseran lapisan kulit bumi.

Sumber : https://cialis.id/