Kebudayaan Sampung Ponorogo Dan Kapak Sumatra

Kebudayaan Sampung Ponorogo Dan Kapak Sumatra

Kebudayaan Sampung Ponorogo

Hasil budaya terpenting

Hasil budaya terpenting adalah kapak Sumatra ( Pebble Culture) , kapak pendek (Hache courte), dan alat- alat tulang serta didukung oleh bangsa Papua Melanesoid. Penyelidikan tentang persebaran kapak Sumatera dan kapak Pendek membawa kita melihat daerah Tonkin di Indocina dimana ditemukan pusat kebudayaan Prasejarah di pegunungan Bacson dan daerah Hoabinh yang letaknya saling berdekatan.

Ditemukannya Kebudayaan Sampung Ponorogo ( Bone Culture)

Hasil budaya terpenting adalah alat-alat dari tulang dalam berbagi bentuk serta didukung oleh bangsa Papua Melanesoid.

Meskipun masyarakat awal di Indonesia mendapat pengaruh peradaban dan kebudayaan Bacson Hoabinh namun Kebudayaan Mesolithikum Indonesia tidak seluruhnya mendapat pengaruh peradaban Bacson Hoabinh, tetapi mendapat pengaruh Kebudayaan Mesolithikum dari Asia Daratan ( Cina).

Kebudayaan Toala

Terbukti dengan diketemukannya Kebudayaan Toala ( SulawesiSelatan). Hasil budayanya yang terpenting adalah alat-alat serpih ( flakes) yang tidak ditemukan dalam kebudayaan Bacson Hoabinh. Sedangkan Ras pendukungnya adalah Ras Wedoidbukan bangsa Papua Melanesoid. Jadi dari penjelasan di atas dapat disimpukan bahwa Kebudayaan Mesolithikum pada masyarakat awal di Indonesia mendapat dua pengaruh peradaban besar yaitu :

1. Peradaban Bacson Hoabinh dengan kapak Sumatra dan alat-alat tulang sebagai ciri khasnya.
2. Peradaban Mesolithikum Asia Daratan ( Cina) dengan alat- alat serpih (flakes) sebagai ciri khasnya.
Kedua kebudayaan besar tersebut nantinya bertemu di Indonesia di dua tempat yaitu di Jawa dan Sulawesi. Hal itu terbukti dari:

Diketemukannya Kebudayaan Sampung Ponorogo

Di tempat ini ditemukan alat-alat serpih ( flakes) yang menjadi ciri khas Mesolithikum Asia DAaratan, tetapi juga diketemukan alat-alat tulang dan pendukungnya adalah bangsa Papua Melanesoid sebagai ciri khas Mesolithikum Bacson Hoabinh.

Ditemukannya kebudayaan Toala ( Sulawesi Selatan)

Di tempat ini di temukan alat-alat tulang dan kapak Sumatra yang menjadi ciri khas Mesolithikum Bacson Hoabinh, tetapin juga ditemukan alat-alat serpih (flakes) dan pendukungnya adalah bengsa atau Ras Wedoid sebagai ciri khas Mesolithikum Asia Daratan.

 

Atikel terkait: