Kebanjiran, KBM Dua Sekolah Dihentikan

Kebanjiran, KBM Dua Sekolah Dihentikan

Kebanjiran, KBM Dua Sekolah Dihentikan

Hujan deras mengguyur Kota Bogor mengakibatkan dua sekolah terkena banjir hingga 60 centimeter.

Akibatnya, kegiatan belajar mengajar (KBM) di SDN Gununggede, Jalan Pajajaran, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah dan SDN Pajajaran, di Jalan Pajajaran, Kelurahan baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, dihentikan.

Banjir yang melanda di dua sekolah tersebut merupakan banjir kiriman dari luapan saluran yang ada di depan sekolah. Ketinggian air rata-rata 20 cm hingga 60 cm. Bahkan beberapa buku dan peralatan sekolah juga terendam. Menurut Kepala SDN Pajajaran Ridar, air masuk ke sekolah sejak Rabu (21/11) petang. Penyebannya, karena meluapnya saluran yang ada di sepanjang sekolah. Akibatnya, ruang perpustakaan dan sejumlah ruang kelas terendam banjir. “Semua ruangan lantai satu terendam air. Yang tidak terendam air hanya lantai dua dan musala,” kata Ridar.

Menurut Ridar, banjir yang masuk ke ruangan kelas dan perpustakaan sudah sering terjadi.

Penyebabnya, diduga karena saluran air yang ada di sekitar sekolah itu tidak mampu mengairi debit air hujan yang turun cukup deras. Sehingga meluap ke area sekolah. Luapan air itu surut, setelah beberapa jam kemudian.

Sedangkan peristiwa yang terjadi itu di SDN Gununggede, terjadi sekitar pukul 15:00 WIB,

Penyebabnya, karena saluran air yang ada di depan sekolah tidak cukup mengairinya. Sehingga meluap ke areal sekokah. Akibatnya, siswa yang sedang belajar di ruang kelas berhamburan keluar. “Air dari saluran meluap ke sekolah cukup cepat. Biasanya, selebat-lebatnya hujan turun, sekolah kami tidak pernah banjir,” ujar penjaga sekolah.

 

Sumber :

https://voi.co.id/