Halau Banjir dengan Sheet Pile

Halau Banjir dengan Sheet Pile

Halau Banjir dengan Sheet Pile

Warga Kampung Babakan, Desa Suka Mekar, Kecamatan Suka Wangi

, Kecamatan Kabupaten Bekasi, kini bisa bernapas lega. Pasalnya, pemukiman yang berdekatan dengan Kali Bekasi tersebut saat ini dipasang sheet pile (Dinding Penahan Beton).

Warga setempat Marsan (47) mengatakan, sebelum dilakukan pemasangan sheet pile permukiman warga kerap kebanjiran akibat limpasan Kali Bekasi saat hujan turun di wilayah hulu Bogor.

“Dulu sebelum dilakukan pemasangan sheet pile kampung babakan ini selalu banjir dan bantaran Kali Bekasi hanya terbentuk dari dinding tanah padat belum dibeton atau dinormalisasi. Alhamdulilah sekarang sedang tahap pembangunan dinding beton,”katanya kepada Radar Bekasi, Selasa (27/11).

Dikatakan dia, dengan adanya normalisasi pembangunan dinding

penahan beton warga setempat sudah bernapas lega karena selama ini masyarakat dihantui luapan air Kali Bekasi.

“Saya termasuk warga lainnya saat ini bisa bernapas lega, pembangunan dinding penahan beton terus dikebut pengerjaannya mengingat sudah memasuki musim penghujan, apalagi dari hulu Bogor sudah hujan terus termasuk Bekasi. Saya harap normalisasi ini bisa diselesaikan tepat waktu, dan pemukiman disini bebas dari banjir kiriman yang selalu menggenangi setiap tahunnya,”ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Suka Mekar, Jayadih mengakui,  selama ini

Desa Suka Mekar selalu kebanjiran jika musim penghuan datang,”Setiap tahun apabila Kali Bekasi meluap sudah pasti banjir disini, berjalannya waktu pembangunan penahan dinding beton telah terealisasi meskipun secara bertahap. Titik banjir diwilayah setempat saat ini pun telah berhasil berkurang setelah ada sheet pile, meski saat ini masih adanya titik banjir tetapi sudah tak parah seperti sebelumnya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membangun sheet pile,”katanya.

Menurut dia, sheet pile (penahan dinding beton) dibangun untuk menahan air dari kali ke pemukiman warga ketika terjadi peningkatan debit air dari hulu saat musim penghujan.

“Dengan pembangunan sheet pile itu semoga dapat dirasakan warga dan dapat mengatasi terjadinya longsor dan banjir karna tiang – tiang yang dibangun serta tersusun rapih dapat menahan limpasan air dan tanah longsor,”tandasnya.

 

Baca Juga :