Cara Memilih Bengkel yang Tepat

Cara Memilih Bengkel yang Tepat

Cara Memilih Bengkel yang Tepat

First Impression

Keramahan sebuah bengkel adalah harga mati. Beberapa orang bahkan tidak peduli dengan mahalnya price list di sebuah bengkel hanya karena para teknisinya bersahabat, maka kesan pertama dari keramahan akan menjadi nilai terpenting untuk mengetahui sebuah bengkel itu baik atau tidak. Rasakan apakah ketika kita datang disambut meriah atau tak diacuhkan.

Pilih Kasih

Ada beberapa bengkel yang lebih ramah dengan pengguna motor-motor bagus. Ketika sebuah bengkel memperlakukan semua pelanggan dengan sama rata, maka itu akan menjadi nilai lebih tersendiri. Jika motor kita masih keren hari ini, maka perhatikan saat ada orang lain dengan motor butut yang datang. Bengkel yang pilih kasih biasanya money oriented dan sejujurnya hal ini tidak terlalu baik.

Keahlian Teknisi

Keahlian teknisi motor mungkin agak sulit diperhatikan jika kita sendiri kurang paham dengan cara berbengkel independen. Cara termudah mendeteksi apakah seorang teknisi cukup baik adalah dengan melihat kegigihannya. Beberapa teknisi pemalas biasanya akan langsung merekomendasikan untuk mengganti part-part yang sebenarnya masih bisa dipakai. Sebaliknya, teknisi yang baik akan berusaha memperbaiki dahulu atau setidaknya memodifikasi part untuk tetap bisa dipakai.

Price List

Daftar harga part di bengkel motor haruslah berpatokan pada harga pasaran yang biasanya mengacu pada harga di bengkel resmi. Hari ini beberapa merek motor sudah menyediakan aplikasi mobile bagi kita untuk mengetahui harga part resmi. Setelah kita mengetahui harga resminya barulah kita bisa memastikan apakah sebuah bengkel mematok harga yang berlebih untuk barang-barang dagangannya. Terpaut lebih dari Rp 10.000 untuk harga sebuah part maka bengkel tersebut sudah bisa masuk kategori siaga over price.

Kenyamanan Bengkel

Bengkel memang adalah tempat pria untuk menjadi kotor, jadi jangan berharap untuk mendapati bengkel yang benar-benar bersih. Namun, ada beberapa bengkel yang memang tingkat kekotorannya sudah di luar batas sehingga kita sendiri tidak betah berlama-lama di sana. Untuk faktor pendukung yang satu ini tergantung standar kebersihan kita masing-masing. Selama empat poin sebelumnya positif, apalah pentingnya bengkel yang bersih.

Itulah cara-cara sederhana mendeteksi sebuah bengkel yang baik. Pertimbangan-pertimbangan lain seperti jarak bengkel dari rumah atau bengkel milik teman bisa menjadi faktor pendukung. Pada intinya bengkel terbaik adalah garasi rumah sendiri dan teknisi terbaik adalah kita sendiri.


Baca Artikel Lainnya: